Wali Kota Bekasi Siapkan Kolam Resapan Atasi Banjir Kali Baru

Oleh Liputan6 pada 05 Des 2016, 06:20 WIB
Diperbarui 05 Des 2016, 06:20 WIB
banjir bekasi
Perbesar
Banjir yang merendam salah satu sekolah dasar di Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (14/11/2016). (Liputan6.com/Fernando Purba)

Liputan6.com, Bekasi - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, menginspeksi lokasi banjir di permukiman warga di bantaran sungai di Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Bekasi Barat.

"Inspeksi ini kita lakukan berdasarkan laporan warga bahwa bantaran di sini menjadi langganan banjir. Saya mau memetakan solusi yang kira-kira tepat untuk mengatasi banjir di sini," kata Rahmat di Bekasi, Minggu 4 Desember 2016.

Menurut dia, ada satu lahan yang berfungsi sebagai kolam resapan di lokasi tersebut yang bisa digarap sebagai solusi penanggulangan banjir.

"Ada lahan resapan yang memanjang di bantaran ini yang bisa kita buat sebagai tandon (kolam retensi)," kata dia.

Rahmat langsung menginstruksikan kepada Dinas Tata Kota untuk dijadikan tampungan air dan ke depannya bisa diproyeksikan menjadi kawasan wisata air bagi masyarakat sekitar.

"Segera saya koordinasikan dengan Kepala Dinas Binamarga dan Tata Air serta camat dan lurah," ujar Rahmat seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, Rahmat juga menginstruksikan kepada camat dan lurah setempat untuk segera menormalisasi saluran air dari keberadaan tanaman eceng gondok yang selama ini membuat aliran air menyempit dan meluap.

"Harus segera dibersihkan dari bantaran sungai dibantu dengan para warga di sana," ucap Rahmat.

Rahmat juga menginginkan agar bangunan liar seperti warung, bengkel dan lainnya yang telah menggunakan dan menempati bantaran saluran air, segera dicek serta keabsahannya.

"Kalau memang liar, segera koordinasikan dengan Perum Otorita Jasa Tirta II untuk kita inventarisasi menjadi lahan hijau," kata Rahmat.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya