Sukses

Jokowi Resmikan Pelabuhan Untia Makassar

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pelabuhan Untia adalah pelabuhan perikanan yang sudah lama direncanakan.

Liputan6.com, Makassar - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Pelabuhan Perikanan Untia Makkasar, Sulawesi Selatan, Sabtu pagi ini.

Jokowi didampingi istri, Iriana, serta rombongan tiba di pelabuhan, Jalan Salodong, Untia, Kecamatan Biring Kanaya, Kota Makassar, sekitar pukul 09.00 Wita.

Tampak hadir dalam peresmian itu antara lain Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Mentan Amran Sulaiman, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki, Staf Khusus Presiden Johan Budi SP.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pelabuhan Untia adalah pelabuhan perikanan yang sudah lama direncanakan. Pelabuhan itu dirintis sejak 10 tahun lalu dan dinyatakan rampung tahun 2016.

Menurut dia, peresmian pelabuhan tersebut merupakan bentuk kehormatan dan apresiasi yang diberikan Presiden Jokowi untuk pencapaian Sulsel karena dari seluruh daerah di Nusantara, Sulsel masuk sebagai salah satu daerah yang terbaik.

"Pelabuhan ini merupakan pelabuhan terbesar kedua di Tanah Air dan bisa menampung setidaknya 500 kapal tiap hari dan dilengkapi fasilitas memadai seperti pengisian bahan bakar," kata Syahrul seperti dikutip dari Antara.

Syahrul berharap Pelabuhan Untia menjadi titik baru percepatan yang memperlancar seluruh aktivitas nelayan tangkap di Sulsel. Apalagi, Selat Makassar menyimpan sumber daya perikanan yang sangat potensial hingga bernilai ratusan trilliun rupiah.

"Dan kalau itu terjadi, pengembangan perikanan akselerasinya, khususnya kawasan timur akan sangat cepat. Ini harus diapresiasi," kata Syahrul.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.