Sukses

BNPT Terus Pantau Pergerakan Kelompok Radikal di Demo 2 Desember

BNPT menyatakan pada demo 4 November lalu, ada kelompok radikal yang ikut turun.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengungkapkan, pada demo 4 November 2016 yang menuntut kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dibawa ke ranah hukum, ada kelompok radikal yang juga ikut menyusup ke dalam aksi.

BNPT pun terus memantau rencana demo 25 November dan 2 Desember 2016 yang tidak puas terhadap proses hukum Ahok, apakah ada kelompok radikal yang turun atau tidak.

"Kemarin tanggal 4 ada yang turun. Tapi hanya memantau. Ada di beberapa daerah. Tapi yang sekarang ini belum ada, tapi kita pantau terus," ucap Kepala BNPT Suhardi Alius di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Suhardi mengungkapkan, saat demo 4 November lalu, yang turun mengikuti demo kebanyakan dari mantan napi teroris. Mereka berasal dari beberapa daerah di Pulau Jawa.

"Ya itu kan ada mantan napi (teroris). Mereka kan mantau. Tapi kita terus ikuti yang potensial. Ada beberapa daerah. Ya misalnya daerah Jawa dan beberapa lain tempat," kata Suhardi.

Suhardi menegaskan, hingga kini belum ada informasi kelompok radikal yang ikut demo pada 25 November dan 2 Desember. "Belum ada, tapi potensi selalu ada. Karennanya kita monitor," pungkas Suhardi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.