Sukses

Menhan: Ada Aktor Politik Tunggangi Demo, Rakyat Tak Perlu Tahu

Ryamizard enggan mengungkapkan siapa aktor politik yang sengaja memanfaatkan situasi. Menurut dia, hal itu tidak perlu dibesar-besarkan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu tak menampik ada aktor politik yang menunggangi pergerakan massa belakangan ini. Terlebih, muncul isu makar dalam aksi unjuk rasa.

"Ada aktor-aktor politik, memang banyak sih," kata Ryamizard dalam wawancara khusus dengan Liputan6 SCTV di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Ryamizard menilai para aktor politik tersebut sengaja memanfaatkan situasi dan kondisi politik yang tidak stabil saat ini. Tujuannya adalah untuk merealisasikan keinginannya, termasuk menggulingkan pemerintahan saat ini.

"Ini yang mau ngambil kesempatan dan menggunakannya untuk melakukan apa yang dia mau," ucap mantan Panglima Komando Pasukan Strategis AD (Pangkostrad) ini.

Namun, Ryamizard enggan mengungkapkan siapa aktor politik yang sengaja memanfaatkan situasi tersebut. Menurut dia, hal itu tidak perlu dibesar-besarkan.

"Masyarakat boleh tidak tahu, tetapi aparat yang harus tahu," kata dia.

Yang terpenting, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu meminta aparat, baik TNI dan Polri, mengambil langkah-langkah strategis untuk mengantisipasi adanya upaya-upaya ke arah makar.

"Ini yang perlu diwaspadai. Ini akar masalahnya yang harus diambil. Kita harus peka, intelijen harus mengawasi," tandas Ryamizard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini