Sukses

Rayakan Bhineka Tunggal Ika, Indorunners Gelar Tolerun Besok

Acara yang dikemas dengan olahraga lari itu akan dimulai pada pukul 06.00 WIB di Plaza Selatan Bung Karno, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam kegiatan dilakukan sejumlah elemen masyarakat dalam menyosialisasikan pentingnya menjaga Bhineka Tunggal Ika. Acara tersebut berlangsung mulai bertemakan parade hingga olahraga.

Seperti Indorunners, yang menggelar acara Tolerun pada Car Free Day (CFD), Minggu 20 November 2016. Acara yang dikemas dengan olahraga lari itu akan dimulai pada pukul 06.00 WIB di Plaza Selatan, Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Pesertanya ada dari berbagai komunitas Indorunners. Juga ada beberapa komunitas lain. Kegiatan ini akan berlangsung serentak di 31 kota seperti Magelang, Yogyakarta, Semarang," ujar pendiri Indorunners, Reza Puspo, saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (19/11/2016).

Reza mengungkapkan acara ini digelar dengan tujuan agar Bhineka Tunggal Ika tetap terjaga. Kegiatan tersebut juga berangkat atas keprihatinannya terhadap kondisi saat ini yang dianggapnya sulit menerima perbedaan.

"Gerah dengan keadaan sekarang. Ini kok perbedaan aja ribut. Berbeda tidak ada masalah," ujar dia.

Dalam acara nanti, kata dia, akan dibagi dua katagori. Yaitu katagori 10 kilometer dan 5 kilometer. Untuk 10 km akan dimulai pukul 06.30 WIB dengan rute Plaza Selatan, Gelora Bung Karno, Bundaran HI, Pemuda, balik lagi ke Plaza Selatan.

"Sedangkan 5 km akan dilepas pukul 06.40 WIB. Rutenya Plaza Senayan, Semanggi, naik ke atas kemudian turun muter balik ke Plaza Selatan," ujar dia.

Reza menegaskan, semua warga dapat berpartisipasi dalam acara tersebut. Mereka boleh menggunakan sepeda, berjalan kaki, ataupun memakai skateboard.

"Siapa saja boleh ikut, tidak dipungut biaya. Baju peserta warna-warni dengan sepatu belang," tutup Reza

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini