Peserta Parade Bhineka Tunggal Ika Datang dari Berbagai Daerah

Oleh Nanda Perdana Putra pada 19 Nov 2016, 08:26 WIB
Diperbarui 19 Nov 2016, 08:26 WIB

Liputan6.com, Jakarta Ratusan bus peserta aksi Parade Bhineka Tunggal Ika memasuki kawasan parkiran IRTI Monumen Nasional (Monas). Kegiatan bertajuk persatuan bangsa itu akan digelar di sepanjang Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, mulai dari Patung Kuda hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Pantauan Liputan6.com, sejak pukul 06.15 WIB, bus yang diketahui berasal dari sejumlah kota di Jawa Barat itu antre memasuki lokasi parkir. Pinggiran Jalan Merdeka Selatan pun padat dengan rombongan peserta aksi tersebut.

Salah satu peserta aksi Jumali (65) mengatakan, ratusan bus pariwisata dari luar Jakarta itu berangkat sejak dini hari. masing-masing kota memiliki titik kumpul sendiri dan bertemu di Monas.

"Saya dari Kuningan (Cirebon, Jawa Barat) jam 01.00 WIB malam. Ada dua bus dari sana sih setahu saya. Ya, ngumpul di sini ramai," tutur Jumali di sekitar Monas, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (19/11/2016).

Pria yang mengenakan pakaian khas Sunda itu mengaku akan ikut sebagai peserta rombongan pemain angklung. Meski sudah berumur, dia mengaku siap mengikuti jalannya aksi.

"Siap, walaupun jalannya jauh ya dari Patung Kuda sampai Bundaran HI. Sudah siap-siap sarapan," ujar dia tersenyum.

Peserta aksi lainnya, Subarna (60), menyebut ada sekitar 200 bus dari luar kota yang masuk ke Ibu Kota membawa rombongan peserta aksi. Pria yang berasal dari Bandung itu mengaku berangkat dari titik kumpul sekitar pukul 04.00 WIB Subuh.

"Kalau dari Bandung ada 80. Sebanyak 40 dari kotamadya dan 40 dari kabupaten," ujar Subarna.

Menurut dia, ada sejumlah kota yang turut berpartisipasi dalam parade tersebut. Di antaranya Bandung, Kuningan, dan Cirebon.

Rencananya, Parade Bhineka Tunggal Ika akan dimeriahkan oleh acara kesenian, musik, orasi, dan doa bersama lintas agama. Rombongan aksi akan bergerak dari Patung Kuda ke Bundaran HI.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya