Sukses

Parade Bhineka Tunggal Ika Ramaikan Bundaran HI Pagi Ini

Ada sekitar 100 ribu orang yang ikut dalam pawai itu.

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok warga menggagas Parade Bhineka Tunggal Ika. Acara ini akan digelar di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Sabtu 19 November 2016 pagi ini.

"Acaranya berbentuk pawai, parade, dikemas dengan sangat rileks, gembira," ungkap salah seorang penyelenggara, Nong Darol Mahmada, saat konferensi pers di Jakarta, Kamis 17 November 2016.

Nong mengatakan acara ini merupakan bentuk keprihatinan atas situasi keberagaman Tanah Air. Ia menyebut ada sekitar 100 ribu orang yang ikut dalam pawai itu.

Dia menjelaskan acara ini berbentuk pawai. Pada pawai itu, akan ditampilkan tarian dari berbagai daerah di Nusantara. Juga, beragam atraksi kebudayaan dari penjuru negeri seperti barongsai dan pencak silat.

"Di acara itu kami juga tidak lupa berdoa. Karena itu, kita di acara parade tidak mengucurkan organisasi, partai, identitas masing-masing, karena kita lebur sebagai anak bangsa," papar Nong.

Titik kumpul acara, lanjut dia, berada di Patung Kuda Jalan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat. Lalu secara bersama-sama mereka akan pawai atau melakukan parade hingga Bundaran HI.

"Panitia sudah berkoordinasi dengan pengamanan. Pusat kegiatannya di Bundaran HI. Waktunya kami laksanakan Sabtu 19 November 2016 dari pukul 08.00 sampai pukul 12.00 siang," ucap Nong.

Nong menyebut ada sekitar 100 ribu orang yang ikut dalam pawai itu. Jumlah tersebut masih bisa berubah, karena sampai saat ini masih banyak yang mendaftar untuk ikut.

"Insya Allah massa yang akan kumpul sekitar 100 ribu. Ini kan kami mengundang secara publik, viral. Dan dari komunitas itu masih terus masuk. Kami mengharapkan juga pihak keamanan untuk mengantisipasi banyaknya masyarakat yang ikut," tutur Nong.

Dia membantah jika acara ini dibuat untuk menandingi demo 4 November 2016. Dia menegaskan parade kebhinekaan ini murni untuk mengingatkan tentang keberagaman di negara ini.

"Ini yang ingin kami tekankan. Kami ingin acara ini berjalan dengan damai, penuh dengan gembira, jangan diprovokasi juga, biarkan masyarakat merayakan kebhinekaannya," pungkas Nong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini