Sukses

BNPB: Ancaman Banjir-Longsor Meningkat hingga Januari 2017

Anomali cuaca dan kemarau basah mengakibatkan bencana hidrometeorologi meningkat selama 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan potensi bencana banjir dan tanah longsor masih mengancam sebagian wilayah di Indonesia. Hal ini mengingat puncak musim hujan baru akan terjadi pada Januari 2017.

"Masyarakat dan pemerintah daerah harus mewaspadai ancaman bencana banjir dan tanah longsor yang diprediksi akan terus meningkat hingga Januari 2017," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Nugroho, saat sosialisasi penanggulangan kebencanaan di Jakarta, Kamis (17/11/2016) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, anomali cuaca dan kemarau basah mengakibatkan bencana hidrometeorologi meningkat selama 2016.

Data BNPB menunjukkan bencana alam terjadi sebanyak 1.985 kali selama tahun ini. Dampaknya, 374 orang meninggal, 383 orang luka, 2,52 juta jiwa menderita atau mengungsi, dan ribuan rumah rusak.

Longsor menjadi bencana yang paling banyak menimbulkan korban jiwa. Diprediksi banjir dan longsor akan makin meningkat hingga Maret 2017.

Data BNPB mengungkap 315 kabupaten dan kota berada di daerah bahaya sedang-tinggi dari banjir di Indonesia. Jumlah penduduk yang terdampak banjir berkapasitas sedang-tinggi sebanyak 63,7 juta jiwa.

Selain itu, sebanyak 6.102 banjir terjadi dalam kurun waktu 10 tahun dan 2,7 ribu jiwa meninggal akibat banjir dalam kurun tersebut.

"Curah hujan di wilayah Indonesia akan terus meningkat. La Nina dan Dipole Mode negatif diperkirakan sampai Desember 2016. Suhu mula laut perairan di Indonesia masih hangat," ujar Sutopo.

"Kawasan yang perlu mendapat perhatian khusus antara lain Aceh, Kota Medan, Kawasan Riau (Sungai Siak, Kampar, Rokan), Jambi (Sungai Batanghari), Banten (Sungai Ciujung dan Cisadane)," lanjut dia.

Juga Jakarta (Sungai Ciliwung, Pesanggrahan, Angke), Jawa Barat (Sungai Citarum), Jawa Tengah meliputi Wilayah Sungai Jratunseluna, Sungai Bengawan Solo Hulu dan Sungai Citanduy, serta Jawa Timur di sepanjang Sungai Bengawan Solo dan Sulawesi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.