Sukses

VIDEO: Makna di Balik Pertemuan Kedua Jokowi dan Prabowo

Pertemuan kedua ini tak lepas dari makin gencarnya ajakan demo menuntut penegakan hukum penistaan agama.

Liputan6.com, Jakarta - Dua kali dalam sebulan, Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto bersua. Ada benang merah dalam jamuan makan siang di Istana Merdeka, Kamis (17/11/2016) ini dan pertemuan sebelumnya. Keduanya berlangsung sebelum dan sesudah demo 4 November.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (17/11/2016), keduanya juga bertemu pada 1 November 2016.

Saat itu, sembari membahas sejumlah persoalan bangsa, keduanya menunggang kuda, lengkap dengan topi koboi di kediaman Prabowo, di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Pokok persoalan yang dibahasnya mulai dari Pilkada Serentak 2017 hingga rencana demo 4 November.

Pertemuan keduanya tak lepas dari makin gencarnya ajakan demo menuntut penegakan hukum penistaan agama, yang beredar di jagad maya pada pekan itu.

Publik yang tengah kebingungan di tengah pusaran isu ini, bertambah kaget dengan serangkaian pernyataan politik dari Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, termasuk soal akar pemicu demo 4 November.

Penegakan hukum atas dugaan penistaan agama Cagub nonaktif DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, ditepati pemerintah. Penyelesaiannya memakan waktu 2 minggu. Hasilnya, Ahok dinyatakan tersangka.

Di tengah proses hukum yang terus berjalan, keduanya kembali bertemu. Pertemuan-pertemuan yang diyakini untuk menjaga keutuhan NKRI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.