Sukses

Ahok Tersangka, Kompolnas Minta Masyarakat Tidak Terprovokasi

Polri dinilai telah profesional dan transparan dalam menerima laporan penyelidikan hingga gelar perkara kasus Ahok.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi kinerja Polri menggelar perkara dugaan penistaan agama yang menyeret Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Kami berpendapat apa yang dilakukan Polri dalam proses penanganan kasus Ahok telah berjalan optimal," kata Komisioner Kompolnas, Bekto Suprapto, di Jakarta, Rabu (16/11/2016), dilansir Antara.

Bekto mengatakan Polri telah bekerja maksimal, profesional, mandiri, modern, dan transparan dalam menerima laporan penyelidikan hingga gelar perkara. Kompolnas menjadi saksi ahli yang mengikuti gelar perkara bersama pelapor, terlapor, saksi lain-lain, dan pengawas lainnya.

Komisioner Kompolnas itu meminta seluruh pihak tidak ada yang mengintervensi maupun menekan Polri untuk mempengaruhi proses penanganan kasus Ahok tersebut.

"Kami mohon masyarakat bersabar dan tidak terpancing informasi dan upaya provokasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab," ujar Bekto.

Menurut dia informasi dari Polri yang sah untuk menyampaikan hasil materi gelar perkara karena bersifat rahasia. Ia menegaskan gelar perkara yang dilakukan Polri merupakan proses penyelidikan untuk menemukan ada atau tidaknya perbuatan pidana yang dituduhkan kepada Ahok.

Sejauh ini, Polri telah menerima 14 laporan dan satu pengaduan dari masyarakat terkait yang dituduhkan kepada Ahok sejak 6 Oktober 2016. Polri telah memeriksa 29 saksi serta 39 saksi ahli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.