VIDEO: Sejumlah Wilayah di Jawa Barat yang Terdampak Banjir

Oleh Liputan6 pada 16 Nov 2016, 02:39 WIB
Diperbarui 16 Nov 2016, 02:39 WIB

Liputan6.com, Subang - Banjir melanda sejumlah wilayah di Jawa Barat. Warga dan pemerintah daerah pun melakukan sejumlah antisipasi dalam menghadapi musibah banjir.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (15/11/2016), Sungai Cipunagara di Pantura-Pamanukan, Subang, Jawa Barat mulai meluap Selasa pagi. Luapan sungai mulai membanjiri sawah dan tepian sungai yang biasa digunakan warga untuk membuat batu bata.

Para pembuat batu bata merah hanya bisa pasrah sambil berusaha sebisa mungkin memindahkan hasil usaha mereka agar tidak rusak terendam air.

Sementara itu, luapan air Sungai Citarum merendam ribuan rumah di 5 kecamatan di Kabupaten Bekasi yang menyebabkan aktivitas warga lumpuh. Warga bertahan di rumah mereka karena minimnya posko pengungsian.

Untuk beraktivitas warga menggunakan perahu. Mereka bertahan di rumah karena untuk menuju tempat pengungsian jarak kantor desa dan kecamatan sejauh 5 kilometer.

Sedangkan di Karawang, Jawa Barat, banjir yang merendam ratusan rumah mulai surut. Banjir diakibatkan meluapnya air Sungai Citarum serta Cibeet dengan tingginya intensitas curah hujan dalam seminggu terakhir.

Surutnya air membuat warga yang berada di pengungsian kembali ke rumah untuk membersihkan rumahnya. Siswa yang sekolah terendam banjir juga ikut membersihkan kelas.