Sukses

VIDEO: Unjuk Karya Seni dan Budaya Kaum Disabilitas di Yogyakarta

Para difabel tampilkan berbagai seni budaya, seperti marching band, busana adat, punakawan egrang dan kreasi sepeda motor difabel.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ratusan difabel mengikuti Jambore Difabel Istimewa di Museum Sonobudoyo, Yogyakarta, Sabtu siang. Jambore digelar untuk memberdayakan para difabel melalui pendekatan budaya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (12/11/2016), dimulai dari kantor gubernur, Komplek Kepatihan menuju Museum Sonobudaya, Jambore Difabel Istimewa di Yogyakarta dimulai. Diikuti oleh para difabel berbagai seni budaya ditampilkan seperti marching band, busana adat, punakawan, egrang dan kreasi sepeda motor difabel .

Jambore Difabel Istimewa ini baru pertama kali digelar dan bertujuan untuk memberdayakan para difabel melalui pendekatan budaya. Karena sejak ratusan tahun Keraton Yogyakarta telah membentuk abdi dalem khusus untuk difabel yaitu abdi dalem palawijan.

Tak hanya kirab, dalam jambore ini juga menampilkan tari angguk oleh para penderita tuna rungu dan tuna grahita. Ada pula berbagai kreasi seni difabel juga ditampilkan, seperti batik, keramik, lukis, desain t-shirt dan sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.