Jokowi: Proses Hukum Ahok Akan Cepat, Tegas, dan Transparan

Oleh Ahmad Romadoni pada 05 Nov 2016, 00:51 WIB
Diperbarui 05 Nov 2016, 00:51 WIB
20161024-Jokowi-Rakor-dengan-Perwira-TNI-Polri-Jakarta-FF
Perbesar
Presiden Joko Widodo. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjamin proses hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan terus berjalan. Bahkan, proses akan cepat, tegas, dan transparan.

Menurut dia, dalam unjuk rasa itu, dirinya memang telah memerintahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menemui para pendemo dan mendengarkan aspirasi mereka. Dalam pertemuan itu pula, Jokowi menegaskan, proses hukum terhadap Ahok akan tetap berjalan.

"Dalam pertemuan itu telah disampaikan bahwa proses hukum terhadap Saudara Basuki Tjahaja Purnama akan dilakukan secara tegas cepat dan transparan," tegas Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (5/11/2016) malam.

Dalam pertemuan dengan perwakilan demonstran itu, JK memang tidak sendiri. Menko Polhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menseskab Pramono Anung, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo turut mendampingi.

Hasil dari pertemuan itu juga sudah disepakati oleh perwakilan para pendemo yang dipimpin KH Bachtiar Nashir. Hanya saja tidak diduga demo berakhir ricuh. Aparat kepolisian terpaksa membubarkan massa yang mulai anarkis.