Sukses

1.000 Demonstran Bandung Datang Khusus Pungut Sampah di Jakarta

Bersih-bersih tak hanya dilakukan di kompleks Masjid Istiqlal saja. Mereka akan turut berkeliling mengikuti demonstran yang berunjuk rasa.

Liputan6.com, Jakarta - Massa gerakan nasional mendukung Fatwa MUI mulai meramaikan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Mereka rencananya akan menggelar aksi demonstrasi usai salat Jumat.

Ternyata sebagian dari mereka ada yang khusus untuk bersih-bersih. Salah satunya, massa dari Da'arut Tauhid Bandung.

Ivan (37), salah satu relawan dari Da'arut Tauhid Bandung mengatakan mereka sengaja datang ke Jakarta bukan hanya untuk mengikuti unjuk rasa saja. Mereka juga fokus membersihkan dan mengangkut sampah yang berserakan ketika aksi demonstrasi berlangsung.

"Biar enggak ada anggapan kalau kamu hanya bisa buang sampah saja," kata Ivan di kompleks Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2016).

Menurut Ivan, ada 1000 orang dari organisasinya yang datang ke Jakarta pada hari ini. Semuanya, kata Ivan, difokuskan untuk bersih-bersih.

"Dari Bandung. Ada 1000 orang khusus untuk bersih-bersih aja," terang dia.

Ia menambahkan, bersih-bersih tak hanya dilakukan di kompleks Masjid Istiqlal saja. Mereka nantinya akan turut berkeliling mengikuti demonstran yang berunjuk rasa.

"Kami terus sampai selesai aksi," singkat dia.

Pantauan di lokasi, mereka nampak memungut sampah dari beberapa sudut kompleks masjid. Mereka juga membawa beberapa buah kantong plasik besar untuk menampung sampah.

"Nanti kami akan muter bersih-bersih," ucap Ivan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini