Sukses

Menginap di Istiqlal, Pendemo 4 November Tinggalkan Sampah

Petugas kebersihan Istiqlal harus bekerja ekstra membersihakan sisa makanan dan minuman yang berserakan di halaman masjid.

Liputan6.com, Jakarta Pelataran Masjid Istiqlal mulai dipenuhi warga yang akan berdemo Jumat besok, 4 November 2016. Mereka berdatangan dari berbagai kota.

Pantauan Liputan6.com, pada pukul 19.00 WIB, massa mendapatkan makan malam berupa nasi kotak dari panitia masjid.

"Bagi massa unjuk rasa damai yang belum dapat hidangan makan malam, bisa diambil pada panitia masjid," ujar panitia lewat pengeras suara, Kamis (3/11/2016).

(Liputan6.com/Muhamad Radityo Priyasmoro)

Sayang, para pendemo itu menyisakan sampah pembungkus makanan. Bahkan, panitia sampai mengimbau secara berulang, agar sisa makanan tidak mengotori halaman Istiqlal.

"Kami peringatkan agar sampah bisa ditaruh di tempatnya, jangan makan di pelataran dalam masjid," imbau panitia.

Akibatnya, petugas kebersihan Istiqlal harus bekerja ekstra membersihkan sisa makanan dan minuman yang berserakan di halaman masjid.

(Liputan6.com/Muhamad Radityo Priyasmoro)

Para pendemo mengaku datang ke Jakarta karena panggilan Tuhan, baik secara perseorangan maupun berkelompok. Tak sedikit pula di antara mereka menyumbang makanan dan minuman untuk konsumsi massa pada saat demo besok.

Sejumlah ormas keagamaan disebut-sebut akan menggelar demonstrasi besar-besaran pada 4 November 2016 di Istana, Balai Kota DKI Jakarta, dan Gedung DPR/MPR.

Demo tersebut menuntut agar Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengusut kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini