Sukses

Alasan Heli TNI AD Keliling Langit Jakarta Jelang Demo 4 November

Latihan heli TNI AD ini sebagai pencegahan bila ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa helikopter menghiasi langit Jakarta jelang demo 4 November 2016. Terhitung sudah dua hari helikopter lalu lalang di langit Ibu Kota.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Pol Sabrar Fadhilah mengatakan, helikopter itu sedang latihan dalam rangka persiapan aksi unjuk rasa 4 November 2016. Latihan ini sebagai pencegahan bila ada hal-hal yang tidak diinginkan.

"Untuk situasi keamanan kan tidak bisa dibilang tunggu nanti. Sebaiknya siap itu lebih baik, dipersiapkan lebih baik," kata Fadhilah saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Untuk hari ini, sedikitnya enam helikopter menggelar latihan dan berkeliling di atas langit Jakarta. Fadhilah menegaskan, persiapan yang dilakukan TNI bukan berarti situasi memang sedang tidak aman. Tapi, untuk menjaga kenyamanan masyarakat saat berunjuk rasa besok.

"Tapi dipersiapkannya ini bukan untuk menghadapi musuh. Tapi pencegahan agar masyarakat nyaman saja," kata dia.

Fadhilah juga menegaskan kembali pernyataan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bahwa negara menjamin hak warga untuk menyampaikan pendapat di muka umum. Sehingga segala hal yang dilakukan aparat untuk memberi kenyamanan bagi warga.

"Yang dikhawatirkan itu kan jika ada unsur lain yang menyulut. Namanya kondisi psikologi massa itu susah, kalau ada orang-orang yang memanfaatkan untuk berbuat aneh-aneh," ujar Fadhilah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini