Sukses

Pesan Perdamaian Xanana Gusmao dan Din Syamsuddin

Presiden pertama Timor Leste Xanana Gusmao menyatakan seni musik bisa menguatkan dan menjalin persatuan yang kuat antarnegara.

Liputan6.com, Jakarta Presiden pertama Timor Leste Xanana Gusmao menyatakan seni musik bisa menguatkan dan menjalin persatuan yang kuat antarnegara.

Hal itu diutarakan Xanana saat menghadiri acara Dangdut Academy Asia 2 yang ditayangkan live oleh Indosiar di studio 5 Daan Mogot, Jakarta Barat.

Menurut Xanana, musik terutama dangdut mampu menurunkan tegangan antarnegara. Dengan musik, persahabatan bisa dirajut lebih dalam.

"Menyatukan lewat seni, musik. Itu bisa memperkuat hubungan antara masyarakat, toleransi saling menghormati dan prinsip yang akan terus menerus pertemanan bisa menjadi basis pada perdamaian dunia. Ini bagus sekali, kita enjoy," kata Xanana, Rabu 2 November 2016 malam.

Ia melanjutkan, acara Dangdut Academy Asia 2 Indosiar yang melibatkan pemuda-pemudi dari Asia serta artis berbakat di negaranya masing-masing, otomatis menyejukan hubungan antarnegara. Konsep Dangdut Academy, kata Xanana, bisa melanggengkan perdamaian bagi pesertanya.

"Congratulations Indosiar, terus-menerus untuk jadi referensi pada negara lain di dunia, di Asia setidak-tidaknya masih peace full. Oleh karena itu partisipasi antarnegara atau pemerintahnya dapat menutup gap yang ada," beber dia.

Menyambung pernyataan Xanana Gusmao, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menuturkan, acara Dangdut Academy Asia 2 bisa memperkuat dan mempersatukan antarbangsa, khususnya di kawasan Asia.

"Saya itu terharu Thailand bisa melantunkan lagu dangdut. Seni juga bisa difungsikan mempersatukan," tutur Din.

"Kalau politik bisa memecah-belah, tapi seni mempersatukan," demikian Din Syamsuddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.