Sukses

Warga Rebutan Salaman dengan Jokowi di Peringatan Sumpah Pemuda

Jokowi yang mengenakan batik hitam coklat berjalan berdampingan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Liputan6.com, Jakarta - Istana Kepresidenan menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda. Acara ini mengambil tema 'Nusantara Berdendang'.

Presiden Jokowi menempati tempat duduk utama yang berada di luar pagar Istana Kepresidenan. Jokowi beserta rombongan keluar dari Istana Merdeka dengan berjalan kaki.

Rombongan kemudian menyusuri sisi barat halaman Istana menuju tempat duduk utama. Sepanjang jalan sudah berjajar para pemuda lengkap dengan pakaian adat dari 34 Provinsi di Indonesia.

Jokowi yang mengenakan batik hitam coklat berjalan berdampingan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang mengenakan batik bernuansa merah. Sambil memegang jaket hitam di tangan kirinya, Jokowi menanyakan satu per satu dari daerah mana mereka berasal.

"Dari daerah mana ini? Sumatera Selatan? Iya. Ini dari mana?" tanya Jokowi, Jumat (28/10/2016).

Langkah Jokowi diikuti para menteri Kabinet Kerja beserta istri. Di belakang barisan pakaian adat, warga dari berbagai unsur mulai pelajar hingga warga biasa sudah berdiri dan berupaya mengambil gambar Presiden dengan ponsel mereka.

Di awal acara, lagu Indonesia Raya berkumandang. Setelah itu, pagelaran tari pun dimulai. Pertunjukan dimulai dengan Tari Pajaga Makunrai.

Kombinasi tata cahaya yang apik semakin memeriahkan suana. Dinding Istana Merdeka pun disulap menjadi background daerah asal tarian dengan teknologi video maping.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini