Sukses

Wiranto: Lihat Pungli, Langsung Laporkan ke Satgas

Menko Polhukam Wiranto melantik tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungli.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Wiranto melantik tim Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungli. Tim ini memiliki tugas dan harapan besar agar segala bentuk pungli di Indonesia benar-benar hilang.

Pemerintah sudah sudah menyiapkan berbagai mekanisme pelaporan bagi warga yang menemukan pungli di mana pun berada. Memang, warga akan menemui kesulitan dalam melaporkan pungli. Itu semua karena belum semua masyarakat tahu mekanisme pelaporan itu.

"Untuk awal memang tidak mudah, secara massal memberitahukan kepada masyarakat. Tetapi saya yakin dengan satu penjelasan yang intens, terus menerus, maka akan paham bahwa setiap mereka melihat, menyaksikan atau mendapatkan perlakuan yang mengarah pada pungli, itu bisa melaporkan langsung kepada petugas," ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (28/10/2016).

Pemerintah memang sudah menyiapkan tiga mekanisme pelaporan yang bisa digunakan. Pertama melalui website saberpungli.id atau dengan mengirim SMS ke 1193. Tak hanya itu, warga bisa menelepon ke call center 193.

"Dari aktivitas ini, saya merasa bahwa tatkala masyarakat ikut mengawasi kerja dari Satgas ini, mengawasi pelayanan publik di Indonesia, maka saya yakin ini akan berhasil," imbuh dia.

Wiranto menegaskan, keberhasilan program ini tidak bisa hanya karena kerja keras dari anggota Satgas Saber Pungli. Peran aktif masyarakat juga menjadi kunci hilangnya pungli di Indonesia.

"Maka saya katakan keberhasilan ini jangan hanya diserahkan kepada Satgas tetapi merupakan kerja sama antara Satgas dan masyarakat secara luas. Kalau dilakukan, Insya Allah misi kita akan berhasil," jelas Wiranto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini