Sukses

Komisi IX DPR: Fasilitas Kesehatan Membaik di 2 Tahun Jokowi-JK

Untuk bidang tenaga kerja, lanjut Iqbal, Komisi IX melihat kebijakan pemerintah belum sepenuhnya berpihak kepada pekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi IX DPR Muhammad Iqbal mengapresiasi dua tahun pemerintahan Jokowi-JK, khususnya di bidang kesehatan. Menurut dia, fasilitas kesehatan semakin membaik.

"Kebijakan di bidang kesehatan yaitu pembangunan infrastruktur kesehatan cukup baik, seperti pembangunan rumah sakit regional di daerah serta peningkatan fasilitas kesehatan dan fungsi puskesmas," kata Iqbal di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Meski demikian, politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga meminta pemerintah memperhatikan tenaga medis yang masih kurang di berbagai daerah, khususnya di daerah pedalaman.

"Penyebaran tenaga kesehatan seperti dokter belum merata di setiap daerah, khususnya di daerah-daerah terpencil," ujar Iqbal.

Untuk bidang tenaga kerja, lanjut Iqbal, Komisi IX melihat kebijakan pemerintah belum sepenuhnya berpihak kepada pekerja. Ia mencontohkan dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Menurut Iqbal, dengan adanya PP tersebut‎, pemerintah menetapkan upah melalui rumusan pendapatan ekonomi dan inflasi tanpa melibatkan suara pekerja melalui dewan pengupahan. Dan sudah tentu hal itu merugikan pekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini