Kapal Cepat Terbakar di Laut Halmahera, 6 Orang Tewas

Oleh Hairil Hiar pada 15 Okt 2016, 17:07 WIB
Diperbarui 15 Okt 2016, 17:07 WIB
kapal terbakar
Perbesar
Kapal cepat terbakar di Laut Halmahera, Maluku Utara, Sabtu (15/10/2016). (Liputan6.com/Hairil Hiar)

Liputan6.com, Halmahera - Kecelakaan kapal laut kembali terjadi di perairan Maluku Utara. Sebuah speedboat atau kapal cepat dari Pelabuhan Jailolo menuju Kota Ternate, terbakar di tengah laut, Sabtu petang.

Kebakaran terjadi saat kapal baru meninggalkan Pelabuhan Jailolo atau kurang lebih berjarak 1 mil dari pelabuhan di Kabupaten Halmahera Barat itu, sekitar pukul 16.35 WIT.

"Jumlah penumpang seluruhnya 45 orang, sudah termasuk nahkoda dan ABK (anak buah kapal). Untuk sementara dari penumpang korban jiwa enam orang. Sedangkan 39 orang lainnya masih dalam tahap evakuasi tim penolong," kata personEl Polisi Perairan Polda Malut, Brigadir Badrun Lamasila saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (15/10/2016).

Dia mengungkapkan dugaan kebakaran terjadi akibat adanya percikan api di bagian mesin kapal.

"Sejauh ini masih tahap evakuasi tim. Sementara korban sudah dilarikan ke RSUD Jailolo," kata Badrun.

Sementara itu, Kepala Tim SAR KPLP Kota Ternate Djunaidi mengatakan, enam korban yang dievakuasi terlebih dahulu dipastikan sudah meninggal dunia.

"Lima orang dewasa dan satu bayi," kata Djunaidi saat dihubungi melalui telepon.

"Kalau 37 orang itu mengalami luka berat dan sekarang sudah ditangani pihak RSUD Jailolo. Mereka masih dalam pertolongan medis. Untuk dua penumpang lainnya kami masih melakukan pencarian sampai saat ini," jelas dia.