Sukses

Sayembara "Revolusi Mental" Buat Para Komikus dan Selebgram

Kemenko PMK menggelar sayembara khusus buat kamu para komikus dan selebgram dengan tema utama tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Liputan6.com, Jakarta Buat kamu para pecinta komik dan suka membuat video pendek, ada tantangan menarik yang sangat seru dan sayang untuk dilewatkan. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggelar sayembara khusus buat kamu para komikus dan selebgram.

Sayembara Komik dan Video Instagram Bertema Revolusi Mental itu mensyaratkan tiga topik pembahasan yakni Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, dan Gerakan Indonesia Tertib. Berikut ini adalah penjelasan untuk masing-masing topik:

1. Gerakan Indonesia Melayani

Gerakan para penyelenggara Negara dan masyarakat untuk meningkatkan perilaku pelayanan publik berintegritas agar negara hadir melindungi kepentingan warganya. Gerakan Indonesia Melayani berfokus pada: meningkatnya kualitas pelayanan publik, diikuti dengan aparatur yang lebih kompeten dan berorientasi melayani; terwujud keterbukaan informasi publik di tiap kantor pemerintahan.

Contohnya : Perbaikan sistem administrasi kantor desa/kelurahan atau kantor pelayanan publik lainnya, perbaikan sistem loket pelayanan, sistem pelayanan terpadu, penyediaan keterbukaan informasi dalam prosedur pelayanan masyarakat, pengurusan serta peningkatan penanganan pengaduan masyarakat.

2. Gerakan Indonesia Bersih

Gerakan bersama untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat baik jasmani dan rohani pada semua simpul perubahan. Bersih lingkungan dan bersih dalam penggunaan ruang-ruang publik seperti di lingkungan sekolah, lokasi wisata, tempat ibadah, lingkungan kuliner dan ruang-ruang terbuka publik lainnya.

Contohnya: Meningkatnya kebersihan MCK/ toilet umum, membuang sampah pada tempatnya, membangun sistem pemilahan sampah; ketersediaan sarana dan prasarana pengolahan sampah di ruang-ruang publik, melakukan penghijauan; membangun sistem pengolahan / bank sampah, gerakan peduli lingkungan, hemat pemanfaatan sumber daya air, peduli terhadap pencemaran udara dan lingkungan lainnya.

3. Gerakan Indonesia Tertib

Gerakan masyarakat untuk mewujudkan perilaku hidup tertib terutama di ruang publik mengacuke pada asas ketertiban umum.

Contohnya: Bagaimana membangun kedisiplinan dalam antrian penggunaan pelayanan publik (kantor pemerintahan, sarana transportasi, pasar dan ruang publik); ketertiban berlalu lintas, aksi anti kekerasan; aksi anti-narkoba; penggunaan sarana antri; turut meningkatkan kerukunan antar kelompok masyarakat.

Kemenko PMK menggelar sayembara khusus buat kamu para komikus dan selebgram dengan tema utama tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Untuk peserta di Instagram, kamu dizinkan untuk membuat lebih dari satu video. Tiap video yang diposting harap menggunakan tanda pagar #videorevolusimental2016. Sementara peserta komik boleh mengirimkan satu karya asli untuk dinilai para juri. Untuk mendapatkan kesempatan menang yang lebih besar ada dua unsur yang harus peserta perhatikan. 

Pertama, unsur teknik meliputi konsep cerita, originalitas/kreativitas, dan visualisasi. Kedua, unsur tema meliputi kesesuaian tema dengan nilai-nilai "Gerakan Nasional Revolusi Mental", memiliki pesan yang kuat, dan karakter tokohnya.

Sayembara Komik dan Video ini dibuka untuk umum. Sayembara komik dimulai 15 Oktober hingga 10 November 2016, sedangkan sayembara video di Instagram dimulai 15 Oktober hingga 15 November 2016.

Jadi, tunggu apalagi, kirim komik dan video Kamu paling kreatif sekarang juga! Keterangan selanjutnya bisa klik http://sayembara.revolusimental.go.id

 

(Adv)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.