Sukses

Raih Nobel Perdamaian: Apa Saja yang Diperjuangkan?

Peraih nobel perdamaian tahun ini adalah Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos.

Liputan6.com, Jakarta Peraih Nobel Perdamaian tahun ini adalah Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos. Dia diganjar Nobel atas jasanya menjalin kesepakatan damai dengan pemberontak komunis FARC, yang telah melakukan pemberontakan hampir setengah abad lamanya. 

Nobel Perdamaian adalah salah satu dari lima penghargaan Nobel yang diberikan setiap tahunnya oleh Komite Nobel Norwegia. Penghargaan ini dibuat oleh seorang industrialis, penemu, juga produsen persenjataan bernama Alfred Nobel. 

Nobel Perdamaian diperuntukkan bagi individu maupun lembaga yang telah memberikan upaya terbesar dan terbaik mereka demi persaudaraan antar bangsa, penghapusan atau pengurangan penggunaan senjata, juga kampanye kongres perdamaian. 

Lalu, apa saja perjuangan para pejuang perdamaian yang selama enam tahun terakhir ini telah mendapatkan Nobel? Selengkapnya dapat disimak dalam infografis di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.