Sukses

Gempa Halmahera Juga Dirasakan Warga Manado

Kepala BPBD Kota Ternate Hasyim Yusuf mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan adanya kerusakan.

Liputan6.com, Halmahera - Gempa bumi berkekuatan 6,2 skala Richter, Minggu pukul 21.46 WIB di Halmahera Barat, Maluku Utara, juga terasa di beberapa wilayah di Sulawesi Utara. Seperti Kota Bitung, Manado, Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon bahkan Kota Kotamobagu.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate Hasyim Yusuf mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan adanya kerusakan.

Menurut dia, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. "Sejauh ini belum ada laporan," kata Hasyim melalui sambungan telepon, Senin (10/10/2016) dinihari.

Pantauan Liputan6.com, goyangan gempa cukup kuat pada wilayah Ternate Utara dan Pulau Ternate. Hal ini dimungkinkan karena kecamatan tersebut lebih dekat ke pusat gempa.​

Menurut BMKG Maluku Utara, gempa pada Minggu malam itu berpusat di 1.79 Lintang Utara dan 127.41 Bujur Timur, atau tepatnya pada 52 kilometer Barat Laut Kabupaten Halmahera Barat, Malut.

"Dengan kedalaman 117 kilometer," tulis BMKG melalui pesan singkat.

Sebelumnya, gempa dengan kekuatan 5,0 SR juga terjadi pada Jumat 7 Oktober 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.