VIDEO: Warga Ciamis Kurung Macan Tutul Nyasar

Oleh Liputan6 pada 08 Okt 2016, 18:49 WIB
Diperbarui 08 Okt 2016, 18:49 WIB
Macan Tutul
Perbesar
Ratusan warga sengaja datang setiap harinya untuk melihat secara langsung sang macan tutul.

Liputan6.com, Ciamis - Seekor macan tutul berhasil ditangkap oleh warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Namun sampai saat, macan tutul yang ditangkap di kaki Gunung Sawal itu masih berada di tangan warga.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (8/10/2016), tertangkapnya macan tutul menjadi wisata fauna masyarakat di sekitar Ciamis dan Tasikmalaya.

Ratusan warga juga sengaja datang setiap harinya untuk melihat secara langsung sang macan tutul. Meski warga sekitar memungut bayaran bagi yang menonton, termasuk para pelajar.

Seharusnya macan tutul tersebut segera diambil Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Ciamis untuk direhabilitasi dan dilepasliarkan. Namun, bukan di Gunung Sawal.

Ada dugaan nyasarnya si macan tutul akibat bertambahnya jumlah macan jantan. Hal ini menyebabkan kawanan macan tutul berebut daerah kekuasaan.

Penangkapan macan ini merupakan kali ketiga. Sebelumnya, macan kumbang pernah ditangkap pada 2015 dan macan tutul pada 2009.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya