VIDEO: Tipu Mahasiswa, Dukun Pengganda Uang di Pekanbaru Dibekuk

Oleh Liputan6 pada 08 Okt 2016, 14:49 WIB
Diperbarui 08 Okt 2016, 14:49 WIB
Dukun Palsu
Perbesar
Lain Agung Puja Kesuma dan Ki Agung Lalang Jati ini sempat berkelit bahwa sesungguhnya ia tak bisa menggandakan uang.

Liputan6.com, Pekanbari - Belum usai geger Dimas Kanjeng si pengganda uang asal Probolinggo, di Pekanbaru, Riau, polisi menangkap seorang paranormal yang juga mengaku mampu menggandakan uang.

Ki Agung Puwo Jati ditangkap saat sedang berada di salah satu ruangan di Jalan Manunggal, Pekanbaru, Jumat, 7 Oktober malam tanpa perlawanan berarti.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (8/10/2016), sejumlah barang-barang yang dipastikan sebagai alat-alat perdukunan ditemukan polisi. Tersangka kemudian dibawa ke Mapolresta Pekanbaru guna mengungkap lebih dalam tuduhan praktik penggandaan uang.

"Dari pamflet-pamfletnya ia menggandakan uang dengan modus penyembuhan secara spiritual. Ada beberapa sesajen untuk prosesi penipuan tersebut," jelas Kasareskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bimo Ariyanto.

Sang dukun palsu yang mengaku bernama Lain Agung Puja Kesuma dan Ki Agung Lalang Jati ini sempat berkelit bahwa sesungguhnya ia tak bisa menggandakan uang. Namun bisa memberi obat supaya korban tak ditagih hutang. Syaratnya korban harus membeli minyak khusus dengan mahar Rp 8 juta.

Pengakuan tersangka bertentangan dengan versi korban. Seorang mahasiswa yang mengaku telah menyerahkan uang Rp 63 juta kepada sang paranormal untuk digandakan. Namun setelah dua bulan, uang tersebut tak kunjung datang.

Agar tipu muslihatnya paripurna, dukun abal-abal ini menyatakan mengantoni izin praktik paranormal dari Kelurahan Jalan Manunggal. Ia bahkan memperlihatkan ijazah dari sebuah institusi paranormal bertaraf internasional.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya