Sukses

VIDEO: Keluarga Korban Sandera Abu Sayyaf Gelar Syukuran

Dengan pembebasan Feri, Mabrur, dan Edi ini masih ada dua warga Indonesia yang disandera Abu Sayyaf.

Liputan6.com, Samarinda - Tiga dari lima warga negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina Selatan akhirnya dibebaskan. Ketiganya dibebaskan setelah tiga bulan disandera kelompok Abu Sayyaf.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (3/10/2016), ketiganya, yaitu Feri Arifin, Muhammad Mabrur Dahri dan Edy Suryono, dijemput pejabat militer Filipina di Sulu, Filipina selatan, Minggu lalu 2 Oktober 2016.

Mereka langsung menjalani pemeriksaan kesehatan. Dari Sulu mereka lalu dipindahkan ke Kota Zamboanga, sebelum diserahkan kepada pemerintah Indonesia.

Pembebasan ketiga WNI itu tidak lepas dari fasilitasi Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF), kelompok muslim pimpinan Nur Missuari yang sudah berdamai dengan Manila. Dalam beberapa kasus penculikan MNLF aktif membantu pembebasan para sandera.

Dengan pembebasan Feri, Mabrur dan Edi ini masih ada dua warga Indonesia yang disandera Abu Sayyaf.

Sementara itu, kabar bebasnya tiga awak kapal Charles itu disambut gembira keluarga mereka di Samarinda, Kalimatan Timur. Sebagai wujud kegembiraan mereka menggelar syukuran di rumah Feri Arifin, Minggu siang 2 Oktober 2016.

Kini pihak keluarga tengah menunggu instruksi dari pemerintah kapan menjemput ketiga orang itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.