Serunya Program Jr. NBA Indonesia Persembahan Frisian Flag

Oleh Liputan6 pada 03 Okt 2016, 05:00 WIB
Diperbarui 03 Okt 2016, 05:00 WIB
Jr NBA
Perbesar
Program Jr NBA nobatkan 15 anak berbakat jadi Jr. NBA All-Stars dan mereka akan diberangkatkan ke Tiongkok bulan Oktober nanti.

Liputan6.com, Jakarta Ajang Jr. NBA yang dipersembahkan oleh Frisian Flag, sebuah program pembinaan global NBA yang bertujuan untuk memperkenalkan olahraga basket dan gaya hidup aktif bagi anak-anak dari tahun 2014, telah menjangkau lebih dari 355.000 anak-anak, pelatih, dan orang tua.

Para peserta dibekali pelatihan dasar tentang permainan basket agar suatu hari nanti bisa menjadi pebasket handal. Mereka juga diajari nilai-nilai utama Jr. NBA, yaitu nilai Sportsmanship (sportivitas), Teamwork (kerjasama tim), a Positive Attitude (sikap positif), dan Respect (saling menghargai) atau disingkat menjadi S.T.A.R.

Selection Camp telah digelar di Cilandak Sports Center, Jakarta, pada 20-21 Agustus 2016. Pada hari pertama para peserta harus mengikuti seleksi ketat. Mereka menjalani tes passing, shooting, lay-up hingga dribble layaknya kompetisi skill challenge di ajang NBA All-Stars.

Setiap tantangan yang dijalani dinilai oleh pelatih profesional dari dalam dan luar negeri yang dipimpin oleh Jr. NBA Head Coach Christofer Sumner. Pemain yang mendapat nilai bagus di seluruh tantangan akan lolos ke tahap selanjutnya, yaitu National Training Camp, di mana tahun ini, hadir Marvin Williams, pemain forward dari tim NBA Charlotte Hornets. 

***

“Ini adalah pertama kalinya saya mengunjungi Indonesia. Jadi, saya sangat bersemangat berbagi pengalaman bersama atlet-atlet muda Indonesia,” ujar Marvin Williams. "Saya pikir penampilan mereka sangat bagus. Mereka bersenang-senang di sini dan di saat yang sama terlihat bekerja keras untuk menunjukkan penampilan terbaik.”

Program Jr. NBA akhirnya menobatkan 15 anak berbakat (10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan) menjadi Jr. NBA All-Stars. Anak-anak ini berasal dari beberapa kota di Indonesia, yakni Jakarta, Tangerang, Bandung, Blitar, Semarang, Madiun, dan Sidoarjo.

Ke-15 anak yang terpilih akan diberangkatkan ke Tiongkok bulan Oktober nanti. Mereka mendapat kesempatan bersaing dengan Jr. NBA dari negara Asia Tenggara lain (Filipina, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Singapura), menonton NBA Global Games antara Houston Rockets melawan New Orleans Pelicans, dan berkesempatan dilatih oleh Legenda atau Pemain NBA. 

***

Tidak hanya itu, 20 peserta Jr. NBA Indonesia, termasuk di antaranya 15 Jr. NBA All-Stars juga mendapatkan dukungan finansial dari program Beasiswa Jr. NBA Tahir Foundation senilai total USD 20.000 untuk mendukung kebutuhan pendidikan mereka. Bahkan melalui Tahir Foundation ini pula, lima pelatih akan diberikan beasiswa pembinaan berdasarkan komitmen mereka untuk pengembangan basket dan dampaknya terhadap masyarakat melalui pelatihan.

Kita nantikan saja bakat-bakat muda ini berkembang menjadi profesional dan tentunya besar harapan kita mereka bisa mengharumkan bangsa dan negara di cabang olahraga basket di masa depan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait program Jr. NBA di Indonesia, kalian dapat mengunjungi situs resmi di www.jrnba.asia/indonesia. Para penggemar juga dapat mengikuti perkembangan Jr. NBA di halaman Facebook kami di www.facebook.com/jrnbaindonesia. Untuk semua informasi tentang NBA, ikuti Facebook (www.facebook.com/nbaindonesia) dan Twitter (www.twitter.com/nba_indonesia) serta “Berteman” dengan akun resmi NBA di LINE.



(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya