Sukses

Antisipasi Banjir, Penggusuran Bukit Duri Harus Rampung Sore Ini

Alasan Pemprov DKI Jakarta tidak menunda proyek normalisasi Kali Ciliwung lantaran mengantisipasi masuknya musim hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi mengatakan, pembongkaran kawasan terdampak normalisasi Kali Ciliwung, Bukit Duri, Jakarta Selatan, akan segera dirampungkan pada Rabu sore.

Hal itu menyusul target Pemprov DKI Jakarta yang sudah menjadwalkan proyek pelebaran kali dan pemasangan dinding turap. Rencananya, proyek segera dikerjakan pada Kamis 29 September, besok.

"Sampai selesai ini. Karena kalau nggak, besok atau lusa langsung mau dikerjain (pelebaran dan pemasangan dinding turap kali)," tutur Tri Kurniadi di kawasan gusuran Bukit Duri, Rabu (28/9/2016).

Dia menjelaskan, alasan Pemprov DKI Jakarta tidak menunda proyek normalisasi Kali Ciliwung lantaran mengantisipasi masuknya musim hujan. Sebab, pada Januari hingga Februari 2017, intensitas hujan diperkirakan cukup tinggi.

"Kenapa kita ngebut? Kita nggak mau sampai Januari. Hujannya terlalu deras dan terlalu lebat. Kita takut banjir. Jadi segera di sheetpile. Kalau udah di sheetpile kan berkurang banjirnya. Itu makanya kita ngejar sekarang biar bisa dikerjakan. Kalau nggak, besok atau lusa mau mulai kerja," beber Tri.

Dia juga menyebut, dinding turap di bibir Kali Ciliwung Bukit Duri sudah dipasang sebagian. Sehingga, pelebaran dan pemasangan dinding turap hanya tinggal beberapa ratus meter lagi.

"Ini juga hanya tinggal beberapa ratus meter saja. Yang lain kan sudah di sheetpile. Mulai besok (dikerjakan). Kan sebagian sudah ada yang di sheetpile. Itu kita ngejar waktu jangan sampai hujan," pungkas Tri Kurniadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.