Sukses

VIDEO: Minim Alat, Lahan Gambut Palangkaraya Masih Terbakar

Kebakaran ini diduga terjadi akibat ulah pemilik lahan yang tidak bertanggungjawab dalam membuka lahan baru dengan cara membakar.

Liputan6.com, Palangkaraya - Kebakaran lahan gambut dan semak belukar seluas 5 hektare di Jalan Cilik Riwut, Kilometer 13 Palangkaraya, Kalimantan Tengah hingga siang ini masih terus terbakar di beberapa titik.

Meski petugas gabungan dari TNI, Polri, dan BPBD telah diterjunkan ke lokasi, terbatasnya peralatan dan sumber air menjadi kendala dalam upaya pemadaman.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (13/9/2016), cara manual seperti menggunakan ranting pohon pun dilakukan petugas agar api tidak meluas.

Diduga kebakaran ini terjadi akibat ulah pemilik lahan yang tidak bertanggungjawab dalam membuka lahan baru dengan cara membakar.

"Ya memang dibakar, tadi ada warga yang tahu. Kita telusuri masih belum menemukan (pelaku pembakar lahan)" kata Babinsa Bukit Tunggal Palangkaraya, Pelda Catur Wiyono.

Terus meningkatnya luas lahan yang terbakar di Palangkaraya dikhawatirkan akan menimbulkan kabut asap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.