Sukses

150 Ribu Muslim Diprediksi Salat Id di Masjid Istiqlal

Sebanyak 150 ribu umat Islam di ibu kota diperkirakan memadati Masjid Istiqlal, Jakarta saat pelaksanaan salat Idul Adha.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 150 ribu umat Islam di ibu kota diperkirakan memadati Masjid Istiqlal, Jakarta saat pelaksanaan salat Idul Adha 1437 Hijriah. Angka ini melebihi pelaksaan soal Idul Fitri 1437 Hijriah lalu.

Wakil Kepala Seksi Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengatakan, peningkatan jumlah jemaah yang akan menjalankan salat Id di Masjid Istiqlal dikarena tidak adanya tradisi mudik ketika Hari Raya Idul Adha.

"Kami perkirakan, yang salat Id karena tidak ada tradisi mudik, jadi diperkirakan sekitar 150 ribu orang," kata Abu saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Minggu (11/9/2016).

Abu menambahkan, persiapan pelaksanaan salat Id di Masjid Istiqlal sudah mencapai 90 persen. Di antaranya menyediakan kantong-kantong parkir bagi para jemaah.

"Kami menyediakan (parkir) di halaman masjid, di sekitar Lapangan Banteng, di Jalan Perwira, Jalan Juwanda. Bisa juga memanfaatkan halaman parkir Kementerian Agama yang di Lapangan Banteng," ucap dia.

Kemudian, ia juga mengimbau kepada para jemaah untuk hadir di Masjid Istiqlal lebih awal. "Kalau bisa salat subuhnya di Istiqlal, agar bisa dapat saf di dalam dan parkir kendarannya bisa lebih enak," imbuh Abu.

Adapun pelaksanaan salat Idul Adha 1437 Hijriah di Masjid Istiqlal akan berlangsung pada Senin 12 September 2016 tepat pada pukul 07.00 WIB. Salat Id akan dipimpin oleh Wakil Imam Besar Masjid Istiqlal Syarifuddin Muhammad. Sementara Khotbah Idul Adha akan disampaikan KH Kholil Nafis Lutfi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.