Sukses

Sehari Jelang Wukuf, Jemaah Haji Indonesia Bergerak ke Arafah

Dengan mengenakan pakaian ihram, mereka mulai bersiap di pemondokan sejak pukul 06.00 waktu Arab Saudi.

Liputan6.com, Mekah - Sehari jelang wukuf, jemaah haji Indonesia mulai bergerak ke Arafah. Dengan mengenakan pakaian ihram, mereka mulai bersiap di pemondokan sejak pukul 06.00 waktu Arab Saudi.

Pantau Liputan6.com, Sabtu (10/9/2016), di kawasan Mahbats Jin, jemaah haji yang sudah mengenakan ihram lengkap berkumpul di depan hotel masing-masing untuk menunggu bus yang akan mengangkut mereka ke Arafah.

Mereka rata-rata membawa dua tas. Satu tas kecil dikalungkan di leher yang berisi paspor, identitas lain, uang, dan kebutuhan penting lainnya. Sementara di tas besar berisi persediaan makanan kecil serta minuman untuk dibawa ke Arafah.

Jemaah haji Indonesia bersiap untuk wukuf di Arafah (Muhammad Ali/Liputan6.com)

"Alhamdulillah. Siap semua untuk wukuf. Persiapannya yang penting sehat," ujar Suprapti, jemaah haji dari Lampung.

Ada tiga shift transportasi yang akan mengangkut jemaah haji Indonesia ke Arafah, yaitu pada pukul 07.00 sampai 12.00 kemudian dilanjutkan pukul 12.00 hingga pukul 16.00, kemudian terakhir pukul 16.00 hingga seluruh jemaah terangkut ke Arafah.

Kesibukan juga terlihat pada jemaah dari negara lain. Mereka mulai bergerak dari hotel masing-masing di sekitar distrik Shisyah, Mekah, dengan menggunakan bus yang telah dicarter oleh negara masing-masing.

Wukuf di Arafah merupakan rukun dari dari ibadah haji. Seluruh jemaah haji dunia yang berjumlah sekitar 1,5 juta orang akan berkumpul di padang Arafah mulai tergelincir matahari tanggal 9 Zulhijah hingga terbit fajar 10 Zulhijah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini