Sutiyoso: Saya Tak Berniat Kembali ke Partai Politik

Oleh Ahmad Romadoni pada 09 Sep 2016, 14:44 WIB
Diperbarui 09 Sep 2016, 14:44 WIB
20151206-Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen (Purn) Sutiyoso-Jakarta
Perbesar
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen (Purn) Sutiyoso meluncurkan buku berjudul Sang Pemimpin di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Minggu (6/12/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Jabatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) segera ditanggalkannya. Momen ini menjadi tanda bagi Sutiyoso untuk beristirahat. Dia bahkan mengaku tidak ingin lagi ke dunia politik setelah menyerahkan jabatan Kepala BIN ke Komjen Budi Gunawan.

Terlebih, posisinya sebagai Ketua Umum PKPI juga sudah digantikan AM Hendropriyono. Sutiyoso bahkan menyatakan tidak berminat lagi kembali ke partai politik.

"Saya udah enggak berniat lagi lah, aku sudah cukup memimpin partai. Biar ada regenerasi," kata Sutiyoso di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Sutiyoso juga belum mengetahui kegiatan apa yang dijalani setelah tak jadi Kepala BIN. Dia pun merelakan tak ada lagi perwakilan PKPI di pemerintahan.

"Ya enggak apa-apa lah kalau itu keputusan. Jadi gini loh, jabatan menteri dan setingkat menteri itu kan hak prerogatif beliau. Mau dipasang atau tidak, terserah lah. Tapi kita tetap support saja, tidak ada masalah," Sutiyoso menjelaskan.

Sutiyoso kembali menegaskan, PKPI tetap mendukung pemerintah meski tidak lagi menaruh wakilnya di pemerintahan. Perangkat partai di daerah, lanjut dia, tetap berjalan.

"Ya kan di daerah masih banyak, kita tetap support kebijakan pemerintah," pungkas pria kelahiran Semarang, 6 Desember 1944 yang pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta itu.