Disetujui Jadi KaBIN, BG Berterima Kasih pada Jokowi dan Sutiyoso

Oleh Taufiqurrohman pada 08 Sep 2016, 13:41 WIB
Diperbarui 08 Sep 2016, 13:41 WIB
20160907-Budi-Gunawan-Jalani-Uji-Kepatutan-dan-Kelayakan-Jakarta-JT
Perbesar
Komjen Pol Budi Gunawan memberikan keterangan saat uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), dengan Komisi I DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (7/9). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) setuju Wakapolri KomjenĀ Budi Gunawan menjadi kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Persetujuan itu disampaikan DPR dalam rapat paripurna hari ini, yang dibacakan oleh Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari. Budi Gunawan disetujui menjadi Kepala BIN setelah melewati fit and proper test, Rabu 7 September 2016 kemarin.

Merespons putusan DPR, Budi Gunawan yang kerap disapa BG itu mengucapkan terima kasih.

"Saya mengucapkan syukur alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa karena seluruh rangkaian proses pergantian Kepala BIN mulai dari kemarin uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I, kemudian hari ini rapur (rapat paripurna), telah memutuskan untuk menyetujui pencalonan ataupun usulan saya sebagai Kepala BIN," kata Budi Gunawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (8/9/2016).

Wakil Kepala Polri ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang sudah memberikan kesempatan kepadanya untuk memimpin BIN.

"Tentu juga dalam kesempatan yang sangat baik ini saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo, yang telah memberi amanah kepercayaan kepada saya untuk menjadi Kepala BIN," ujar BG.

Dia menambahkan, "tentunya sebuah amanat pengabdian yang baru buat saya, tentu saya akan memberikan pengabdian terbaik untuk kemajuan BIN, bangsa dan negara."

Kepada Kepala BIN saat ini, Sutiyoso, BG juga mengucapkan terima kasih. Sebab, mulai tahap persiapan hingga tahap akhir, seluruh jajaran BIN membantunya.

"Ini membuktikan bahwa memang di BIN solid dan mendukung susksesi pergantian kepemimpinan di BIN. Kita akan bekerja bersama untuk memajukan BIN untuk lebih profesional dan lebih baik lagi," ujar Budi Gunawan.

Terakhir, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, seluruh tokoh, seluruh pemerhati dan juga khususnya pengamat intelijen dan juga rekan-rekan wartawan yang sudah mengikutinya menjalani semua proses.

"Ini menjadi modal saya dan memantapkan langkah saya sebagai Kepala BIN. Sementara itu, sekian dan terima kasih," tandas Budi Gunawan.