Komisi I DPR Nyatakan Budi Gunawan Patut dan Layak Jadi KaBIN

Oleh Devira Prastiwi pada 07 Sep 2016, 13:45 WIB
Diperbarui 07 Sep 2016, 13:45 WIB
20160907-Budi-Gunawan-Jalani-Uji-Kepatutan-dan-Kelayakan-Jakarta-JT
Perbesar
Komjen Pol Budi Gunawan memberikan keterangan saat uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), dengan Komisi I DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (7/9). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi I DPR menyatakan Komjen Budi Gunawan layak dan patut menggantikan Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) setelah menjalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan.

"Setelah mendengarkan paparan visi, misi, pandangan fraksi-fraksi, dan anggota DPR RI terhadap calon Kepala BIN saudara BG, maka rapat intern Komisi I memutuskan saudara BG layak dan patut sebagai Kepala BIN menggantikan Sutiyoso," ujar Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari usai rapat internal Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Ia menjelaskan, uji kepatutan hari ini telah melalui mekanisme yang harus dipenuhi, mulai dari surat Presiden Joko Widodo ke DPR, lalu dibacakan di rapat paripurna, rapat pimpinan, hingga rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR.

Abdul menyebutkan, hasil uji kepatutan dan kelayakan juga sudah melalui pertimbangan fraksi-raksi di DPR. Namun dia mengatakan alasan pelolosan Budi Gunawan tak bisa disampaikan gamblang karena keputusan secara internal itu tertutup.

"Demikian kesimpulan kami," tutur Abdul soal persetujuan terhadap Budi Gunawan yang menjadi Kepala BIN hari ini.

Fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Komjen Budi Gunawan dilangsungkan secara tertutup. Hanya pembacaan visi yang dilakukan terbuka.