Sukses

PAN Lobi Partai Lain Agar Budi Gunawan Mulus Jadi Kepala BIN

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pun berharap agar semua proses dapat berjalan lancar.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menuturkan partainya akan mengawal segala proses uji kepatutan dan kelayakan Komjen Budi Gunawan yang telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Sutiyoso sebagai Kepala BIN. Ia pun berharap agar semua proses dapat berjalan lancar.

"Kita dukung penuh, mudah-mudahan semuanya lancar nanti di DPR kita minta fraksi PAN di DPR untuk melobi temen-temen lainnya agar bisa disetujui secara aklamasi Pak Budi Gunawan," ungkap pria yang karib disapa Zulhas di Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Jakarta, Sabtu (3/9/2016).

Dia menilai, sosok Budi Gunawan telah teruji menjadi Wakapolri sehingga memiliki kemampuan untuk menjadi Kepala BIN. Zulhas yakin kalau Budi Gunawan akan bisa sukses memimpin BIN.

"Pak Budi Gunawan saya yakin sudah teruji, memiliki kemampuan yang tinggi sebagai Wakapolri. Dan saya percaya nanti di BIN beliau mudah-mudahan akan sukses untuk mimpin BIN," ujarnya.

Tak hanya itu, Zulhas pun mendukung jika Komjen Syafruddin menjadi wakapolri menggantikan Budi Gunawan.

"Itu (Komjen Syafruddin) juga memiliki sarat pengalaman, kan bagus kalau kemudian ada komunikasi senior junior yah, saling melengkapi, saya kira bagus sekali," Zulhas menutup.

Jumat 2 September 2016 kemarin, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mendatangi pimpinan DPR untuk mengantarkan surat dari Presiden Joko Widodo soal pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso. Ia menjelaskan, nama yang diusulkan oleh presiden adalah Budi Gunawan.

"Saya antarkan surat kepada pimpinan DPR yaitu usulan presiden untuk pergantian Kepala BIN. Jadi Kepala BIN diusulkan nama baru yaitu Pak Budi Gunawan," jelas Pratikno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.