Sukses

Perlintasan Sebidang Pasar Senen Ditutup, Cek Arus Alternatif‎nya

Dengan ditutupnya perlintasan sebidang ini, setidaknya ada 9 angkutan umum baik mikrolet atau kopaja yang mengalami perubahan rute.

Liputan6.com, Jakarta - Perlintasan sebidang (perpotongan sebidang antara jalur kereta api dengan jalan) di samping Stasiun Pasar Senen atau Jalan Letjen Soeprapto mulai 1 Oktober 2016 akan ditutup. Dengan demikian, para pengendara kendaraan bermotor mulai dari sepeda motor ataupun mobil tak bisa lagi melintas.

Sebagai dampak dari penutupan perlintasan sebidang tersebut, akan ada beberapa rekayasa lalu lintas yang dilakukan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, baik dari utara, timur, barat, dan selatan.

"Jadi dipastikan nanti dampaknya akan sedikit menambah kepadatan kendaraan di sekitar simpang Senen, ini yang coba kita akan antisipasi, karena underpass-nya sendiri hanya mampu untuk dua lajur kendaraan," kata‎ Kepala Bidang Menejemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Priyanto di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa 30 Agustus 2016.

Untuk mengantisipasi kepadatan itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Korlantas. Salah satunya mempercepat waktu tunggu lampu lalu lintas di simpang lima Senen dan pengalihan beberapa arus.

Tidak hanya itu, dengan ditutupnya perlintasan sebidang ini, setidaknya ada 9 angkutan umum baik mikrolet atau kopaja yang mengalami perubahan rute perjalanan sesuai dengan rute alternatif yang ditetapkan. Angkutan umum itu mayoritas tujuan Pasar Senen-Pulogadung.

‎Adapun jalur alternatif yang bisa dilalui para pengendara pasca penutupan perlintasan sebidang tersebut yaitu:

1. Bagi pengguna yang datang dari arah utara bisa melewati Jl Gunung Sahari - Jl Gunung Sahari II‎ - Jl Kepu Selatan - Jl Bungur Besar - Jl Soeprapto.

2. Bagi pengendara dari arah Selatan bisa melewati Jl Kramat Raya - Jl Kwitang (putar balik) - Jl Prapatan - Underpass Soeprapto.

3. Bagi pengendara dari arah Timur bisa melewati Jl Soeprapto - Jl Utan Panjang Barat - Jl Kemayoran Gempol - Jl Angkasa - Jl Gunung Sahari - Flyover Senen - Jl Kramat Raya - Jl Salemba Raya.

4. Bagi pengendara dari arah Barat bisa melewati Jl Dr Soetomo - Jl Gunung Sahari Raya - Jl Gunung Sahari II - Jl Kepu Selatan - Jl Bungur Besar - Jl Soeprapto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.