Sukses

Terungkap, Asal Dentuman Misterius di Solo

Masyarakat diminta tidak khawatir dan panik bila menemui kejadian serupa.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Kota Solo, Jawa Tengah, dihebohkan dengan dentuman keras yang disertai getaran. Usut punya usut, suara tersebut berasal dari suara pesawat tempur TNI AU yang tengah berlatih.

"Jadi, itu berasal dari suara latihan pertempuran di udara," kata Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (30/8/2016).

Dalam latihan pertempuran yang digelar siang tadi ada 10 pesawat tempur F16 yang diturunkan dari Lanud Iswahyudi. Suara tersebut muncul karena pesawat menggunakan kecepatan tinggi dalam pelatihannya. Baik saat posisi menembak atau menghindari tembakan.

"Karena dengan kecepatan tinggi, maka keluar suara dentuman. Disebutnya dengan sonic boom," Jemi mengungkapkan.

Jemi menjamin latihan pertempuran tidak berbahaya bagi masyarakat sekitar. Dia juga mengimbau masyarakat tidak perlu panik bila mendengar kejadian serupa. Sebab latihan akan digelar sampai September bulan depan.

"Jadi, jangan khawatir dan panik. Dentuman bukan dari suara pesawat jatuh," kata Jemi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini