Sukses

Sensasi Salat Jumat di Masjid Nabawi

Jemaah tumpah ruah di halaman masjid yang teduh di bawah payung-payung raksasa.

Liputan6.com, Madinah - Jelang musim haji 1437 H/2016 M, Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi terus dipadati calon jemaah haji dari berbagai negara. Seluruh etnis dan bangsa dunia berkumpul dalam satu kegiatan ibadah lima waktu, terlebih saat salat Jumat.

Jemaah mulai berduyun-duyun menuju masjid sejak pukul 10.00 Waktu Arab Saudi. Hawa panas yang menyengat tak menyurutkan langkah mereka menuju masjid untuk mencari saf terbaik.

"Kalau mau dapetin saf di dalam masjid, harus berangkat lebih awal. Kalau di atas jam 11.00 WAS, jangan harap bisa masuk ke masjid," ujar seorang calon haji, Amin kepada Liputan6.com di Madinah, Jumat (19/8/2016).

Pantauan Liputan6.com, sekalipun bisa masuk Masjid Nabawi, jemaah tak mudah mendapatkan posisi saf. Mereka harus mencari sisi-sisi ruang kosong di antara ribuan orang. Bahkan berebut dengan jemaah lain. Jika sudah demikian, maka jalan yang digunakan sebagai lajur jalan jemaah pun dijadikan barisan salat.

Salat Jumat di Masjid Nabawi, Arab Saudi (Liputan6.com/ Muhammad Ali)

Tak hanya dalam ruangan, di luar masjid pun demikian. Jemaah tumpah ruah di halaman masjid yang teduh di bawah payung-payung raksasa. Bahkan saat salat digelar, ada beberapa jemaah tertinggal yang menyelinap di antara barisan untuk mencari saf.

Usai salat berlangsung, jemaah haji berjejal di halaman masjid. Ruang itu berubah menjadi lautan manusia. Semua bergerak pulang menuju hotel dan pemondokan masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini