Sukses

Gempa Dangkal 4,1 SR Goyang Bengkulu

Aktivitas gempa bumi dipicu pergerakan subduksi atau penyatuan lempeng Indoaustralia ke bawah dan lempeng Eurasia.

Liputan6.com, Bengkulu - Gempa bumi di perairan dangkal berkekuatan 4,1 pada skala Richter menggoyang Kota Bengkulu pada Kamis sore sekitar pukul 18.35 WIB.

Goyangan yang sempat membuat panik warga itu berada pada titik koordinat 4.33 derajat Lintang Selatan dan 102.18 derajat Bujur Timur. Intensitas gempa dirasakan hanya beberapa detik. Warga yang sempat berlarian keluar rumah kembali melakukan aktivitas setelah dipastikan tidak ada lagi gempa susulan.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, Anjasman mengatakan, gempa bumi berada pada kedalaman 27 kilometer, yang berada di 60 km arah selatan Kota Bengkulu tidak jauh dari Pulau Tikus.

"Pusat getaran berada di Samudera Hindia, tidak jauh dari Pulau Tikus dan termasuk gempa laut dangkal," Anjasman menjelaskan saat dihubungi di Bengkulu, Kamis (18/8/2016).

Aktivitas gempa dipicu pergerakan subduksi atau penyatuan lempeng Indoaustralia ke bawah dan lempeng Eurasia. Gempa juga dipicu oleh gerakan di jalur gempa atau sesar Sumatera.

"Meski dangkal, tetapi tidak berpotensi tsunami karena gerakan sesar dan pertemuan lempeng mengarah ke atas," dia menambahkan.

Anjasman juga memastikan potensi gempa susulan memang terus ada, namun tidak mengarah kepada terjadinya gempa dahsyat atau megathrust. Namun dia tetap meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan gejolak alam yang bisa saja datang dalam waktu yang sulit diprediksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Bengkulu

Video Terkini