Sukses

VIDEO: Ratusan OPM Turun Gunung dan Ikrar Bergabung ke NKRI

Ikrar bergabung ke NKRI dibacakan oleh salah satu tokoh OPM, Boni Telenggen, di hadapan seluruh peserta upacara.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan anggota kelompok sipil bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang kerap kali melakukan perjuangan membentuk negara Papua Barat, akhirnya turun gunung di HUT ke-71 RI dan memilih untuk membantu Pemerintah Daerah Puncak Jaya, dengan membangun daerah Kabupaten Puncak Jaya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (18/8/2016), ratusan anggota OPM yang sudah diberikan kaus seragam untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia ini berasal dari 4 kelompok besar OPM, yaitu wilayah Tingginambut, Philia dan Yambi dan Kalome.

Ikrar bergabung ke NKRI ini dibacakan oleh salah satu tokoh OPM, Boni Telenggen di hadapan seluruh peserta upacara.

"Mengajak kepada seluruh negara kami dan yang saat ini masih berada di hutan dan masih berteriak merdeka, baik di  Kalome, Tingginambut, Yambi dan Meloloh, agar segera turun dan bergabung dengan Pemerintah Republik Indonesia" ikrar Boni Telenggen, mantan panglima OPM.

Bupati Puncak Jaya Henok Ibo, yang selama empat tahun belakangan berjuang untuk menurunkan kelompok OPM ini mengatakan, bahwa terhambatnya pembangunan di daerah pegunungan tengah khususnya di wilayah basis OPM pimpinan Jenderal Goliat Tabuni, ini disebabkan karena kelompok bersenjata yang kerap kali melakukan aksi teror.

Pemerintah daerah kini menyiapkan lapangan pekerjaan bagi para OPM ini, mulai dari mandor, Satpol PP, bahkan hingga menjadi tenaga mandor proyek swakelola masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • opm
    <p style="text-align: justify;"><span style="font-size:14px"><span style="font-family:arial,helvetica,sans-serif">OPM mengandung Omeprazole.&nbsp;OPM merupakan obat yang digunakan untuk mengobati masalah perut tertentu dan masalah kerongkongan.&nbsp

    OPM

  • HUT ke-71 RI

  • OPM Turun Gunung

  • Liputan 6 Malam