Sukses

Alasan SBY Tidak Hadir di Sidang Tahunan MPR

Ibas mengatakan, ketidakhadiran SBY hanya disebabkan karena kesibukan.

Liputan6.com, Jakarta - Putra presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono meminta publik tidak berburuk sangka terhadap ayahnya yang tak hadir dalam sidang tahunan MPR/DPR/DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Pria yang akrab disapa Ibas ini memastikan absennya SBY bukan karena ada masalah dengan mantan presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri atau Presiden Joko Widodo yang hadir dalam acara tersebut.

"Enggaklah, jangan berburuk sangka dengan bapak (SBY)," ungkap Ibas di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (16/8/2016).

SBY menjadi satu-satunya mantan presiden yang masih hidup yang tak hadir dalam acara tahunan ini. Selain Megawati, mantan presiden ke-3 RI BJ Habibie juga hadir dalam acara kenegaraan itu.

Ibas mengatakan, ketidakhadiran SBY hanya disebabkan karena kesibukan. "Bapak lagi ke luar kota. Ada kegiatan yang tak bisa ditinggalkan," tukas Ibas tanpa merinci kegiatan yang dimaksud.

Sebelumnya, ketidakhadiran SBY dipastikan oleh Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan. Menurut dia, SBY merayakan Hari Raya Kemerdekaan di daerah. "(SBY) merayakan 17 Agustus di daerah, di kampung halaman, dan ke beberapa daerah lain," ucap Hinca.

Ia pun mengaku hadir mewakili SBY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Hinca kemudian mengatakan, SBY berangkat ke luar kota sejak hari ini. "Hari ini berangkat (ke luar kota) sampai tanggal 20-an (Agustus)," tegas Hinca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.