Sukses

Penyebab Lumpur Mirip di Sidoarjo Menyembur di Bekasi

Semburan lumpur itu disebabkan oleh proyek pemasangan pipa gas salah satu perusahaan BUMN di Desa Segara Makmur, Bekasi.

Liputan6.com, Jakarta Lumpur mirip di Sidoarjo, Jawa Timur, menyembur di Bekasi, Jawa Barat. Lumpur ini mulai muncul Minggu 7 Agustus 2016. Lalu, apa penyebabnya?

Harbiandi, pemilik Toko Sumber Makmur tempat lumpur itu menyembur, menduga peristiwa itu disebabkan proyek pemasangan pipa gas di Desa Segara Makmur, Bekasi.

"Iya ini lumpur sumbernya dari proyek pemasangan pipa gas dengan cara boring," ujar Harbiandi saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Senin (8/8/2016).

Menurut dia, semburan lumpur ini masuk ke toko akibat adanya dinding toko yang retak. Keretakan itu disebabkan pula oleh proses pembangunan pipa gas yang sama.

"Lumpurnya masuk ke toko lewat lubang retakan di dinding, karena proyek itu juga," lanjut Mamat.

Saat ini, penanggung jawab proyek sudah mengerahkan timnya untuk menyedot genangan lumpur yang ada di perumahan tersebut.

Penanggung jawab proyek juga akan bertanggung jawab atas kejadian ini.

"Kemarin sih dibilang akan ditindaklanjuti, enggak pasti juga sih katanya akan tanggung jawab juga. Kasih ganti rugi mungkin karena ini kerusakannya lumayan (parah)," ujar Harbiandi. (Winda Priscillia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini