Sukses

Menteri Lukman: MTQ Elektronik Jamin Juara Sejati

Lukman mengaku puas dengan penyelenggaraan ini, karena MTQ saat ini menggunakan teknologi yakni e-MTQ.

Liputan6.com, Mataram - Menteri Agama [Lukman Hakim Saifuddin](/2565362 "") menutup pekan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke 26 yang digelar sejak 30 Juli 2016 hingga 6 Agustus 2016 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dia mengapresiasi gelaran MTQ yang berlangsung selama 1 pekan tersebut. Lukman mengaku puas dengan penyelenggaraan ini, karena MTQ saat ini menggunakan teknologi yakni e-MTQ.

"Untuk pertama kalinya sekaligus pembeda dengan MTQ lainnya, MTQ sekarang menerapkan E-MTQ dan media center dalam proses pendaftaran peserta dan kroscek dokumen," ujar Lukman pada sambutan penutupan, Sabtu malam, 6 Agustus 2016.

Dia mengatakan, e-MTQ tersebut memiliki pengaruh yang luar biasa. Seperti memudahkan pendaftaran karena hanya dengan menggunakan fasilitas internet termasuk menjauhkan dewan juri dari sifat curang karena selalu terkontrol.

"Kita masih akui, e-MTQ saat ini masih sederhana, sebatas pendaftaran dan kroscek dokumen saja. Namun dengan  e-MTQ ini kita menjamin juara sejati. Karena itu mulai saat ini jangan ada praktik transfer," kata Lukman.

Penutupan MTQ di Mataram (Liputan6.com/ Hans Bahanan)

Lukman juga menyampaikan terima kasihnya kepada Gubernur NTB karena berhasil menyelenggarakan MTQ Nasional yang diamanatkan usai MTQN 25 di Batam 2015 lalu.

Sementara itu, Gubernur NTB Zainul Majdi puas dengan acara pembukaan hingga penutupan yang disaksikan puluhan ribu warga dan ribuan kafilah se Indonesia tersebut.

"Pada MTQ ini ribuan kafilah se Indonesi datang dan meramaikan NTB. Syukur kami di NTB sulit diungkapkan dengan kata-kata Karena amanat yang diberikan ke kami Alhamdulillah dapat berjalan dengan lancar sejak pembukaan," ucap Zainul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.