Kunjungi Malaysia, Setnov Apresiasi Bantuan KBRI untuk TKI

Oleh Taufiqurrohman pada 05 Agu 2016, 23:45 WIB
Diperbarui 05 Agu 2016, 23:45 WIB
20160614- Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto-Jakarta- Gempur M Surya
Perbesar
Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto menyempatkan diri mengunjungi Shelter Tenaga Kerja Indonesia saat melakukan kunjungan kerja ke di Malaysia.‎ Dalam kunjungannya, Novanto berdialog dengan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di sana untuk menyerap aspirasi.

"Kita sudah dengarkan aspirasi secara jelas. Ada kesulitan yang dihadapi. Ada yang tidak dibayar 6 sampai 9 tahun. Ada yang berkaitan dengan masalah asusila. Ini memprihatinkan," ujar Novanto dalam keterangan persnya, Jumat 5 Agustus 2016.

Pria yang akrab disapa Setnov ini pun mengapresiasi kinerja Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia yang sudah membantu para TKI di Shelter tersebut.

"Saya terima kasih ke KBRI yang berikan pengajaran, pengajian. Ini yang harus ditiru KBRI lain. Mereka juga diberi pelatihan keterampilan. Ini kontribusi besar. Kita harap KBRI fasilitasi penyelesaian masalah ini," ujar dia.

Novanto mengatakan, pihaknya sudah meminta kepada Malaysia untuk memberikan pemutihan kepada para TKI ilegal yang masuk ke Malaysia.

"Kami sampaikan ke PM Malaysia, kita minta TKI ilegal diberi pemutihan secara bertahap. Beliau tanggapi serius. Responsnya baik. Golkar dan Umno (parpol Malaysia) selalu perhatikan rakyat," pungkas Setnov.