Sukses

Polisi Tangkap Terduga Teroris Kelompok Santoso di Bandara Palu

MA ditangkap saat sudah berada di dalam pesawat yang bersiap terbang ke Tarakan.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menangkap pria berinisial MA (32), yang diduga merupakan anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang dipimpin Santoso sesama hidup. Penangkapan yang dilakukan di Bandara Sis Al Jufri, Palu, Sulawesi Tengah, itu dilakukan pagi tagi, Kamis (4/8/2016).

Berdasarkan informasi yang diperoleh, MA awalnya sudah berada di pesawat yang bersiap terbang ke Tarakan. Namun, pihak keamanan bandara dan POM TNI AU serta pimpinan maskapai tersebut naik ke pesawat untuk menangkap MA.

Penangkapan dilakukan setelah ada koordinasi antara Polri, Avsec Bandara, dan pimpinan maskapai yang ditumpangi MA.

Selanjutnya, MA diinterogasi di ruang khusus dan barang-barangnya di pesawat diturunkan. Pada identitasnya tertulis dirinya berstatus mahasiswa. Usai itu, MA lalu dibawa Tim Densus 88 menuju Kota Palu untuk pengusutan lebih lanjut.

Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hari saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut. Tetapi Hari belum dapat memberikan informasi lebih detail terkait sosok MA dan apa perannya dalam organisasi yang telah berbaiat pada kelompok radikal ISIS itu.

"Sementara saya membenarkan. Untuk kepentingan penyidikan belum bisa disampaikan," kata AKBP Hari saat dihubungi di Jakarta, Kamis ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini