Sukses

Menko Wiranto Abaikan Permintaan dan Ancaman Abu Sayyaf

Wiranto menegaskan tidak akan menghiraukan segala ancaman yang dilontarkan Abu Sayyaf.

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok radikal Abu Sayyaf memberi tenggat waktu kepada Indonesia untuk membayar tebusan 250 juta peso. Bila tidak juga menyerahkan tebusan hingga 15 Agustus 2016, 10 WNI yang saat ini disandera bisa tidak selamat.

Menanggapi ancaman itu, Menko Polhukam Wiranto tampak tak menghiraukannya. Segala ancaman yang disampaikan Abu Sayyaf tidak akan ditanggapi  pemerintah. 

"Ya enggak usah. Biarin aja dia ngomong apa," ujar Wiranto di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Kamis (4/8/2016).

Yang terpenting saat ini, kata Wiranto, segala komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah Filipina tetap berjalan baik. Sehingga operasi pembebasan sandera segera membuahkan hasil.

"Yang penting operasi pembebasan sandera terus berjalan jangan kita disetir oleh mereka," imbuh Ketua Umum nonaktif Partai Hanura.

Wiranto menegaskan tidak akan menghiraukan segala ancaman yang dilontarkan Abu Sayyaf. Sebagai negara berdaulat, Indonesia tidak akan tunduk pada mereka.

"Kita pemerintah yang berdaulat masa disetir sama perampok perampok itu titik," pungkas dia.

Batas waktu penyerahan uang tebusan ini terungkap dalam komunikasi terakhir antara keluarga sandera dan Abu Sayyaf, Senin 1 Agustus 2016, di Kemenlu, Jakarta.

Dalam pembicaraan dengan pihak keluarga dan pemerintah, terjadi negosiasi. Hasilnya, penyandera menurunkan uang tebusan yang sebelumnya 250 juta peso menjadi 150 juta peso. Namun, pemerintah juga belum memutuskan untuk membayar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini