Sukses

VIDEO: Jokowi Pamerkan 28 Lukisan Bersejarah Koleksi Istana

Selain Raden Saleh, para maestro seni lukis Indonesia yang karyanya dipamerkan antara lain Affandi, S. Sudjojono, dan Henk Ngantung.

Liputan6.com, Jakarta - Galeri Nasional di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta kedatangan tamu-tamu penting hari ini. Presiden Joko Widodo, para menteri, dan sejumlah tokoh hadir di sini untuk meresmikan pameran lukisan langka koleksi Istana Kepresidenan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (1/8/2016), ada 28 lukisan yang dipamerkan dalam pameran bertajuk '17/71: Goresan Juang Kemerdekaan'. Salah satunya lukisan berjudul penangkapan Pangeran Diponegoro karya Raden Saleh.

Dibuat pada 1857, lukisan ini adalah lukisan tertua dari koleksi yang dipamerkan. Menggunakan cat minyak di kanvas, lukisan ini merekam detik-detik penangkapan Pangeran Diponegoro oleh tentara Kolonial Belanda.

Setelah puluhan tahun tersimpan di Belanda, pada 1978 lukisan penangkapan Pangeran Diponegoro ini diserahkan kepada pemerintah Indonesia.

Selain Raden Saleh, para maestro seni lukis Indonesia yang karyanya dipamerkan di Galeri Nasional antara lain Affandi, S. Sudjojono, dan Henk Ngantung.

Seluruh lukisan menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia meraih kemerdekaan. Direncanakan pameran 'Goresan Juang Kemerdekaan' akan berlangsung hingga 30 Agustus 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.