VIDEO: Kepala BIN Sebut Kerusuhan Tanjungbalai Spontan

Oleh Liputan6 pada 31 Jul 2016, 13:59 WIB
Diperbarui 31 Jul 2016, 13:59 WIB
Sutiyoso
Perbesar
Kepala BIN Sebut Kerusuhan Tanjung Balai Spontan

Liputan6.com, - Bangkai kendaraan yang dibakar massa di dekat sebuah tempat ibadah di Jalan Juanda, Tanjungbalai, Sumatera Utara masih jadi tontonan warga hingga Minggu pagi.

Begitu pula puing-puing sisa kerusuhan di Jalan Karya. Di sejumlah sudut, polisi dan tentara berjaga ketat di sekitar lokasi kerusuhan yang sejak Sabtu pagi dipasangi garis polisi.

Menurut polisi, pembersihan lokasi-lokasi kerusuhan akan dilakukan. Hal ini agar aktivitas warga kembali berjalan seperti biasa, termasuk kegiatan peribadahan.

Menurut Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso, kerusuhan di Tanjungbalai merupakan insiden spontanitas. Artinya, tidak direncanakan. Ia pun meminta agar kejadian ini menjadi pelajaran bagi masyarakat.

"Inilah sebuah pelajaran lagi ya, karena ini masalah sensitif. Karena itu, kalau merasa tidak nyaman, mestinya bisa dilakukan secara baik-baik," jelas dia.

Dalam kerusuhan pada Jumat 29 Juli 2016 malam, sejumlah rumah ibadah dirusak dan dibakar warga. Sembilan orang pun diperiksa untuk dimintai keterangan terkait kerusuhan tersebut. 

Sementara itu, 12 jam setelah kerusuhan para tokoh masyarakat sepakat untuk menjaga kedamaian di Tanjungbalai.