Sukses

VIDEO: Desa Terbersih di Dunia Ada di Bali

Menurut warga, Desa Penglipuran bisa menjadi bersih karena warisan kebiasaan dari para leluhur yang diperkuat dengan aturan adat desa.

Liputan6.com, Bali - Desa-desa di Bali satu per satu mendapat penghargaan internasional. Kini giliran Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli yang dinobatkan sebagai desa paling bersih di dunia.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (31/7/2016), Desa Penglipuran merupakan desa wisata di Kecamatan Bangli, Bali yang berjarak satu jam perjalanan dari Kota Denpasar.

Bagi parawisatawan yang ingin ke desa tersebut harus membayar terlebih dahulu sebelum memasuki gapura desa.

Begitu masuk, suasana desa Bali yang masih tradisional begitu terasa dengan lingkungan yang bersih dan tertata rapi. Hal ini dikarenakan warga desa sangat sadar begitu pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

Salah satu bangunan yang wajib dikunjungi adalah rumah paon atau rumah dapur. Di tempat ini leluhur desa biasa memasak sekaligus untuk tidur.

Menurut warga, Desa Penglipuran bisa menjadi bersih karena warisan kebiasaan dari para leluhur yang diperkuat dengan aturan adat desa.

Karena kebersihanya, desa ini menjadi salah satu desa terbersih di dunia versi sebuah media perjalanan wisata. Dua desa lainnya adalah Desa Giethoorn di Belanda dan Mawlynnong di India.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.